Wabup Buka Secara Resmi Sosialisasi Kebijakan umum kependudukan dan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2017

Wabup Buka Secara Resmi Sosialisasi Kebijakan umum kependudukan dan Kartu Identitas Anak...
-

Dharmasraya,- Sebanyak 180 peserta mengikuti Sosialisasi Kebijakan umum kependudukan dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang diselenggarakan Dinas Dukcapil Kabupaten Dharmasraya, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati, Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, Selasa (26/9).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Dharmasraya H. Amrizal Datuak Rajo Medan, S.Sos. Turut hadir, Asisten Pemerintah dan Otda, Drs. Irsyad, MM, Staf Ahli Bupati bidang hukum, Masheri Yanda Boy MH.

Wabup Amrizal mengimbau agar masyarakat menyadari pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan seperti, Akta kelahiran, Kartu Keluarga, KTP Elekronik dan lain sebagainya, hal ini akan berguna nantinya dalam pengurusan Pendidikan anak, kesehatan dan BPJS, Paspor, dan lain-lain.

Ia juga berpesan kepada Dinas Dukcapil agar lebih meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat, seperti pelayanan cepat, tidak melakukan pungli, dan mengikuti SOP pelayanan yang ada.

Kalau semua unsur tersebut terpenuhi, maka insyallah kepercayaan masyarakat akan meningkat, yang nantinya akan bermuara kepada tertibnya administrasi kependudukan di Kabupaten Dharmasraya

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Dukcapil Dra. Netti Helma menerangkan, sosialisasi ini diikuti oleh Seluruh Camat dan wali nagari, Kepala OPD se Kabupaten Dharmasraya, serta instansi/lembaga vertikal. Kegiatan dibiayai melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Dukcapil Kabupaten Dharmasraya. beliau juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Drs. Edi Suharmanto, M.Si dan Darma Triesavia Haryanto, S.Kom selaku narasumber dari Kemendagri, ditjen Dukcapil

Tujuan sosialisasi ini antara lain, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tata cara pengurusan dokumen kependudukan, dan memperkenalkan tentang Kartu Identitas Anak (KIA), selain itu Netti Helma juga menyampaikan bahwa saat ini ada 139.898 jiwa penduduk yang wajib KTP dan 72.033 anak usia 0-18 tahun yang wajib Akta Kelahiran. beliau pun menegaskan akan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta membuka selebar-lebarnya terhadap kritik dan saran dari masyarakat demi kemajuan kita bersama.

"sampikan kritik dan saran anda melalui website kami di www.disdukcapil.dharmasrayakab.go.id, email : [email protected], atau melalu WA" tegas beliau

terakhir Netti Helma berharap, kegiatan ini dapat diikuti oleh peserta dengan baik, sehingga informasi yang diberikan narasumber dapat terserap dengan sempurna. (af)

Share Berita

Komentar Berita