Disdukcapil Ikut Meriahkan Kegiatan Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi

Disdukcapil Ikut Meriahkan Kegiatan Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi


Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi 2022 resmi dibuka Kamis (18/8/2022) sekitar pukul 19.30 WIB. Sebelum pembukaan secara resmi, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan sudah terlebih dahulu membuka tiga kegiatan Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi 2022.

Tiga kegiatan Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi 2022 yang dibuka tersebut ialah UMKM Expo, pameran Artefak dan memasak masakan Minangkabau.Pelaksanaan Festival Pamalayu Kenduri Swarnabhumi 2022 akan dipusatkan di Area Candi Pulau Sawah, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), mulai Kamis (18/8/2022) hingga Selasa (22/8/2022) mendatang.

"Pelaksanaan UMKM Expo ini sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, yaitu bangga menggunakan produk dalam negeri. Sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkap Sutan Riska. Ia menjelaskan, UMKM merupakan satu faktor penting penopang perekonomian daerah. Dengan UMKM Expo ini diharapkan produk-produk asli dari Dharmasraya dapat dikenal oleh masyarakat banyak. "Untuk pelaksanaan Festival Pamalayu ini, kami berkolaborasi dengan Direktorat Jendral Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI," ujarnya.

Ia menjelaskan, Festival Pamalayu menjadi sarana pembelajaran bagi anak bangsa, dimana banyak sejarah yang bisa diketahui.

"Melalui pameran artefak peninggalan dari Dharmasraya dan Sumbar, para anak bangsa bisa mengetahui sejarah yang ada. Menjadi pedoman dan dapat meningkatkan kualitas diri," tuturnya.

Sementara, Asisten II Pemkab Dharmasraya, Yefrineldi menyampaikan, UMKM Expo kali ini mengusung tema Cintai Produk Dharmasraya, yang diikuti oleh 22 UMKM dari berbagai jenis produk. Selanjutnya, untuk memasak masakan Minangkabau diikuti oleh seluruh OPD dan sekolah di Kabupaten Dharmasraya.Lalu, Pameran Artefak peninggalan Dharmasraya dan Sumbar dikelola BPCB Batusangkar dan Museum Adityawarman.